Selasa, 16 Februari 2016

Sistem Manajemen Pemasaran Bab 3-4



Informasi sangat penting bagi pemasaran karena :

Pengembangan dan pengimplementasian Rencana Pemasaran memerlukan sejumlah keputusan.
  Untuk memberikan pengetahuan dan inspirasi bagi pengambil keputusan pemasaran, perusahaan harus memiliki informasi terbaru yang komprehensif tentang tren makro juga tentang efek mikro bagi bisnis.

PERAN DAN TANGGUNG JAWAB PEMASAR

      Mempunyai Metode Disiplin Pengumpulan data. 
      Menghabiskan lebih banyak waktu interaksi dengan pelanggan. 
      Terbiasa melakukan pengamatan persaingan.

Kebanyakan Pemasar kurang ahli untuk mengumpulkan informasi dan itu menjadi suatu masalah pada perusahaan dalam bidang informasi, Mengapa ? Karena :
      Tidak tahu cara mengumpulkan informasi.
      Banyak informasi yang tidak dapat digunakan.
      Terlambat mendapatkan informasi penting.
      Terlalu sedikit informasi yang diperoleh.

Informasi itu penting karena :
      Informasi menjadi kekuatan dalam menghadapi persaingan.
      Informasi unggul yang akurat, up-to-date akan menjadi keunggulan kompetitif.
      Dibutuhkan informasi à Bahan pertimbangan untuk Pengambilan Keputusan

Adapun faktor pendorong munculnya kebutuhan atas sistem informasi salah satunya adalah perluasan jangkauan pasar.

Sistem Informasi juga berkaitan dengan Marketing Management Process contohnya pada Analisis Peluang, Penentuan Target, Perencanaan Strategi, Perumusan Program Pemasaran, dan Implementasi dan Pengendalian.


Berikut merupakan komponen Sistem Manajemen Pemasaran yaitu :
  1. Sistem Pencatatan Internal ( Internal Record System)
Siklus Pesanan – sampai – Pembayaran
Bentuk Sistem Informasi Pemasaran paling mendasar
Sistem Informasi Penjualan  
Kebutuhan data laporan penjualan yang akurat & tepat waktu (terbaru &terkini)
  1. Sistem Intelijen Pemasaran (Marketing Intelligent System)
  2. Sistem Penelitian Pemasaran (Marketing Research System)
  3. Sistem Pendukung Keputusan ( Decision Support System)

Sebuah perusahaan dapat dikatakan berhasil jika :
      Mampu mengenal kebutuhan & tren
      Mampu merespons kebutuhan & tren
      Yang belum terpenuhi secara menguntungkan

FAD, TREN dan MEGATREN
      Fad : sesuatu yang tidak dapat diperkirakan, berumur pendek.
      Trend : arah atau urutan kejadian yang memiliki momentum & durabilitas.
      Megatrend : “perubahan besar dalam sosial, ekonomi, politik & teknologi yg lambat terbentuk, & telah terjadi, perubahan memengaruhi orang utk sementara waktu”

Riset Pemasaran adalah Pendekatan yang ditempuh secara sistematis & objektif untuk mendapatkan data/ informasi yang akan digunakan untuk proses pengambilan keputusan bidang pemasaran.
Elemen dalam riset pemasaran terdiri dari :

      Kegiatan identifikasi, pengumpulan, analisis, diseminasi.
      Penggunaan informasi secara sistematik dan obyektif.
      Bahan pertimbangan manajemen : 
    Membuat keputusan yang berhubungan dengan identifikasi & penyelesaian masalah dalam bidang pemasaran.
 
Ada 3 jenis Riset Analisis Pasar yaitu :

  1. Riset Peramalan & Pengukuran Demand
  2. Riset Perilaku Konsumen
  3. Riset Benchmark Industri
Riset Analisis Pasar juga dapat dilakukan dengan 2 cara yaitu Riset Segmentasi dan Riset Penentuan Target Pasar.

RISET PERENCANAAN PROGRAM PEMASARAN :
      Riset Pengujian Brand & Packaging
      Riset Pengukuran Ekuitas Merek
      Riset Penentuan Harga
      Riset Perumusan Strategi Harga
      Riset Pemilihan & Perancangan Saluran Distribusi
      Riset Media & Bauran Promosi
      Riset Pengukuran Effektivitas Bauran Promosi
      Riset Pengukuran Effektivitas Iklan
      Riset Pengukuran Kepuasan Pelanggan
      Riset Pengukuran Loyalitas Pelanggan
      Riset Pengukuran & Analisis Churn
      Riset Perancangan Customer Relationship Management (CRM)
      Riset Perancangan Marketing Decision Support System
      Riset Perancangan Marketing Information System




Tidak ada komentar:

Posting Komentar